3.000 Pohon dari Suzuki untuk Taman Kehati Jawa Barat - KEHATI
Artikel

3.000 Pohon dari Suzuki untuk Taman Kehati Jawa Barat

21 Januari 2014

 

Taman Kehati merupakan program yang dikembangkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dengan tujuan sebagai tempat atau lahan konservasi eksitu berbagai jenis tumbuhan lokal di suatu daerah. Konservasi eksitu adalah konservasi yang dilakukan di luar habitat alami dari berbagai jenis tumbuhan dan satwa. ”Program ini didukung oleh Yayasan KEHATI karena memiliki misi yang sama, yaitu melestarikan keanekaragaman hayati di Indonesia,” kata Program Officer Yayasan KEHATI, Puji Sumedi di kantornya, Senin 20 Januari 2014. Taman-taman tersebut tersebar di beberapa provinsi seperti di Sulawesi Utara, Jawa Tengah, Lampung, dan beberapa yang lain.
 
Kali ini, dengan bantuan dari Suzuki Ertiga akan menambah koleksi  jenis dan jumlah tanaman di Taman Kehati Jawa Barat yang terletak di areal taman kehati propinsi Jawa Barat yang luasnya sekitar 10 hektar.  di Kiara Payung menjadi bertambah.  Lokasi ini  merupakan  hulu Sungai Citarum, di sekitar kaki gunung Malalayang yang  sudah mulai gundul dan harus direstorasi.

Beberapa pohon bantuan Suzuki Ertiga tersebut merupakan pohon-pohon endemik yang sudah mulai langka, seperti Gandaria, Bintaro, Kepuh, Kiara Gede, dan lain-lain. Menjaga atau mengembalikan tanaman-tanaman endemik ini ke habitatnya sama saja dengan menjaga keberlangsungan ekosistem sebuah daerah. Keberadaan pohon-pohon ini sangat penting untuk menarik kembali hewan-hewan yang dahulu hidup di kawasan Jawa Barat.

  • Artikel
  • 3.000 Pohon dari Suzuki untuk Taman Kehati Jawa Barat
dukung kehati