Kerja sama Asahimas - KEHATI
Artikel

Kerja sama Asahimas

15 Juni 2016

 

kerjasamaasahimasJakarta-Hanya berjarak sekitar tiga jam perjalanan darat dari Jakarta, pengunjung sudah bisa tiba ke Pulau Sanghyang, Cilegon, Banten. Pulau ini memiliki banyak potensi wisata. Mulai dari titik-titik untuk snorkeling, penyelaman, melihat matahari tenggelam, hingga canoing. Dalam catatan dari Planet Diving, ada 23 titik wisata yang bisa dinikmati di Pulau Sanghyang.

Pada pertengahan April 2016, tim dari KEHATI melakukan survei ke Pulau Sanghyang. Tapi begitu masuk dari Pos Jaga Kementerian Kehutanan, sambutan utamanya adalah genangan sampah. Tak hanya di permukaan, di pesisir pantai pun penuh sampah plastik. 

Di bulan Ramadan 2016, datang berita baik dari PT Asahimas Chemical, Cilegon. Perusahaan PVC terbesar di Indonesia ini mendukung Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) dalam program rehabilitasi terumbu karang di Pulau Sanghyang. Dukungan sebesar Rp 385 juta ini, akan digunakan untuk transplantasi terumbu karang di perairan yang relatif aman dan terlindungi. Khususnya tempat-tempat yang terumbu karangnya sudah rusak. Program berjalan sejak nota kesepahaman diteken yaitu pada 14 Juni 2016.

Melalui program ini pula, KEHATI melakukan penelitian transplantasi karang dengan media tanam PVC. Selama ini, proses penanaman karang kebanyakan dilakukan dengan media substrat semen. Penelitian ini sekaligus, upaya mencari alternatif penggunaan media tanam karang. Dalam teorinya, PVC bersifat tahan lama, ringan, mudah dibentuk, mudah untuk dipasang. Bahannya pun relatif murah dari sisi pembuatan jika dibandingkan dengan bahan semen. Karakter unggul lainnya adalah PVC bisa dirancang untuk permukaan licin, sehingga membantu koloni karang baru dapat tumbuh lebih baik. Lantaran pesaing koloni karang baru, yaitu ganggang akan susah menempel. Kalaupun menempel di pipa PVC, ganggang lebih mudah dibersihkan.

Segala kelebihan PVC tersebut akan diamati selama satu tahun. Bila hasilnya memuaskan, maka proyek transplantasi terumbu karang dengan PVC akan diperluas. 

dukung kehati