Kemitraan

A. Kemitraan dengan Penerima Hibah

Bagaimana caranya menjadi mitra peneriman hibah KEHATI?

Dana hibah KEHATI diberikan kepada:

  1. Mitra yang bekerja di tiga ekosistem prioritas: Pertanian, Kehutanan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil. Program yang dilaksanakan merupakan program pelestarian dan pemanfaatan keanekaragaman hayati secara berkelanjutan. Jangka waktu program yang diajukan lebih dari 1 tahun.
  2. Pendanaan hibah untuk program-program khusus MFP II, TFCA Sumatera dan TFCA Kalimantan, silahkan akses langsung ke:

Bagaimana cara mengajukan proposal ke Yayasan KEHATI? Lihat Dana Hibah.

B.Kemitraan dengan lembaga Donor

KEHATI, untuk menjalankan amanahnya dalam menghimpun, mengelola dan menyalurkan dana hibah, terus berupaya memperkuat penggalangan sumberdaya untuk memperoleh dukungan publik, antara lain dengan menjalin hubungan kerjasama dengan lembaga dana multilateral; bilateral; swasta nasional-internasional, dan juga penggalangan dana publik untuk pendanaan program pelestarian dan pemanfaatan keanekaragaman hayati secara berkelanjutan.

Bentuk kerjasama KEHATI dengan donor dapat berupa:

  • Pendanaan untuk program di tiga ekosistem: Pertanian, Kehutanan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil
  • Pendanaan untuk kegiatan edukasi di tiga ekosistem (Pertanian, Kehutanan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil)
  • Partisipasi pada Reksadana Kehati Lestari (RDKL)
  • Donasi untuk berbagai program pelestarian keanekaragaman hayati
  • Sponsorship untuk berbagai event yang KEHATI selenggarakan

Pada tahun 2008 KEHATI mendapat kepercayaan menjadi Programme Management Unit (PMU) untuk program kehutanan multi-pihak (Multi-stakeholder Forestry Programme - MFP) phase II yang merupakan kerjasama Pemerintah Indonesia yang diwakili oleh Kementerian Kehutanan dan Pemerintah Kerajaan Inggris yang diwakili oleh DFID. Pada tahun 2009 KEHATI dipercaya mengelola dana melalui skema debt swap for nature untuk program Tropical Forest Conservation Action (TFCA) untuk penyelamatan hutan Sumatera. Pada tahun 2011 KEHATI kembali dipercaya mengelola dana melalui skema debt swap for nature untuk program TFCA Kalimantan.

Sejak tahun 1995 hingga kini KEHATI telah menjalin kerja dengan berbagai lembaga donor nasional dan internasional, perusahaan swasta nasional dan internasional maupun Corporate Foundation dalam kerangka pelaksanaan corporate social responsibility (CSR) ataupun program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL). Dana yang KEHATI kelola disalurkan untuk program pelestarian dan pemanfaatan keanekaragaman hayati di ekosistem pertanian, hutan, dan pesisir & pulau-pulau kecil serta pendidikan lingkungan hidup.

Penggalangan dana juga dilakukan melalui Reksa Dana KEHATI-Lestari (RDKL) yang dikelola oleh Bahana TCW dengan Asset Under Management (AUM) sebesar Rp. 25 milyar. Keuntungan dari pengelolaan RDKL ini digunakan untuk mendanai program hibah di tiga ekosistem: Pertanian, Kehutanan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil.

Donor yang telah bekerjasama dengan KEHATI sejak 1995 – 2012 (tautan Daftar Donor KEHATI).

Informasi untuk bekerjasama dengan KEHATI dalam program pelestarian dan pemanfaatan keanekaragaman hayati dapat menghubungi:

Officer Penggalangan Sumberdaya

  • email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
  • telepon: (62 21) 7183185 & 7183187
  • fax: (62 21) 7196131