Inilah Tiga Perusahaan Penerima SRI KEHATI AWARD 2017 - KEHATI
Artikel

Inilah Tiga Perusahaan Penerima SRI KEHATI AWARD 2017

13 Juni 2017

Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) menyelenggarakan malam penganugerahan untuk perusahaan-perusahaan konstituen indeks Sustainable and Responsible Investment (SRI) KEHATI, atau yang akrab disebut SRI KEHATI Award, Rabu (7/6), di Hotel Shangri-La, Jakarta.

Malam Penganugerahan SRI KEHATI Award 2017 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (7/6). Dari kanan adalah Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI M.S. Sembiring, Ketua Dewan Juri SRI KEHATI Award 2017 Prof Emil Salim, dan Pemimpin SWA Group Kemal Effendi Gani, dalam pembukaan acara di malam tersebut. (Foto: Muhamad Taufik Junaedi)
Malam Penganugerahan SRI KEHATI Award 2017 di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (7/6). Dari kanan adalah Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI M.S. Sembiring, Ketua Dewan Juri SRI KEHATI Award 2017 Prof Emil Salim, dan Pemimpin SWA Group Kemal Effendi Gani, dalam pembukaan acara di malam tersebut. (Foto: Muhamad Taufik Junaedi)

Tiga perusahaan publik terpilih sebagai penerima anugerah tersebut, yaitu PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Danamon Indonesia (Persero) Tbk dan PT Astra Agro Lestari Tbk. Tiga perusahaan itu dinilai paling memiliki sensitivitas dan kepedulian terhadap pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan dalam menginvestasikan modalnya.

Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI M.S. Sembiring, mengatakan, penganugerahan SRI KEHATI Award 2017 ini dilaksanakan melalui seleksi ketat oleh tim dewan juri independen.

Ada enam indikator yang digunakan sebagai basis penilaian, antara lain: kepedulian terhadap lingkungan, pengembangan komunitas, tata kelola yang baik, perilaku bisnis, praktek perburuhan, dan hak asasi manusia.

Ada 25 perusahaan yang diseleksi. Mereka merupakan perusahaan-perusahaan yang tercatat sebagai konstituen indeks SRI KEHATI. Melalui penghargaan ini, perusahaan-perusahaan yang terpilih sebagai pemenang SRI KEHATI Award diharapkan dapat menjadi role model bagi perusahaan lainnya yang tercatat.

“Dengan begitu, nantinya mereka juga turut menerapkan pengelolaan perusahaan yang baik dan bertanggung jawab, sesuai dengan prinsip yang dianut dalam SRI KEHATI. Agar ke depan perusahaan tak hanya mengejar profit, tetapi juga peduli terhadap lingkungan, sosial, budaya, dan kemanusiaan,” ujar Sembiring dalam malam penganugerahan.

Ketua Tim Dewan Juri SRI KEHATI Award 2017, Prof Emil Salim mengatakan, pembangunan yang dijalankan selama ini hanya tentang ekonomi. Banyak hal di luar sektor tersebut yang tak diperhatikan. Akibatnya, dampak terbesar dan yang kini terlihat adalah perubahan iklim. Jika hal ini tak ditangani dengan baik, salah satu dampak langsungnya adalah permukaan laut akan sampai di daratan Jakarta.

“Di mana persoalannya? Adalah pembangunan yang hanya memerhatikan ekonomi. Pembangunan harusnya juga menyangkut sosial dan lingkungan. Maka kini lahir konsep sustainable and responsible development,” lanjut Emil.

SRI KEHATI, kata Emil, hadir dalam misi untuk mengembangkan konsep pembangunan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab itu. Pemberian penghargaan tiap tahun adalah upaya agar makin banyak perusahaan yang terdorong untuk makin peduli dengan lingkungan dan sosialnya.

“Jangan hanya mengejar profit. Menjaga kelestarian lingkungan adalah tugas kita bersama, termasuk dunia bisnis,” lanjut mantan Menteri Lingkungan Hidup tersebut.

Investasi hijau

SRI KEHATI merupakan indeks saham yang diluncurkan Yayasan KEHATI delapan tahun silam. Selama satu windu berjalan, indeks ini telah mendapat perhatian para investor dari  dalam dan luar negeri, yang meningkat dari waktu ke waktu, seturut perkembangan investasi global yang menuju ke arah investasi hijau.

“Arah investasi hijau tersebut sesuai dengan konsep pembangunan berkelanjutan yang tertuang dalam  principle of responsible investment, yang selama ini dipegang dan diacu oleh SRI KEHATI dan Yayasan KEHATI,” kata Sembiring.

Indeks SRI KEHATI, lanjut Sembiring, merupakan indeks investasi hijau yang pertama di ASEAN dan kedua di Asia. Sejak kali pertama diluncurkan, Indeks tersebut terbukti memiliki kinerja yang konsisten dengan nilai rata-rata sekitar 10 persen di atas indeks yang lainnya, seperti Indeks LQ45 dan JCI. Hal ini mengindikasikan adanya respons positif dari para investor untuk memilih membayar harga premium dari perusahaan atau konstituen indeks SRI-KEHATI.

Penyelenggaraan malam SRI KEHATI Award 2017 ini sekaligus sebagai perayaan delapan tahun SRI KEHATI. Yayasan KEHATI, sebagai pengelola SRI KEHATI, telah menyelenggarakan SRI KEHATI Award sebanyak tiga kali sejak 2014.

Yayasan KEHATI merupakan sebuah lembaga yang bergerak dan memiliki perhatian besar pada upaya pelestarian keanekaragaman hayati serta pemanfaatannya secara adil dan berkelanjutan bagi kemakmuran masyarakat Indonesia.

Untuk menjalankan peran di sektor keanekaragaman hayati tersebut, KEHATI membangun kerjasama dan memfasilitasi berbagai bentuk atau pola hubungan yang saling mendukung dan memperkuat upaya pelestarian keanekaragaman hayati dan pemanfaatannya secara berkelanjutan, salah satunya dengan dunia bisnis.

“Sebagai salah satu bentuk hubungan dengan dunia bisnis tersebut, KEHATI menjalin kerjasama dengan Bursa Efek Jakarta dengan meluncurkan SRI-KEHATI, sebuah indeks investasi untuk pembangunan yang berkelanjutan dan bertanggung jawab,” imbuh Sembiring.

Indeks SRI KEHATI tersebut menjadi benchmark bagi investor, terutama perusahaan publik yang memiliki kinerja bisnis yang bagus, namun tetap memberikan kepedulian terhadap lingkungan, pemberdayaan komunitas, hak asasi manusia, ketenagakerjaan, dan tata kelola yang baik.

SRI KEHATI Award 2017 tersebut digelar bekerja sama dengan Majalah Swa. Pada kesempatan yang sama, juga dilaksanakan Indonesia Green Company Achievement 2017, penghargaan kepada perusahaan-perusahaan yang dinilai tak memberi dampak negatif terhadap lingkungan setempat maupun global.

Selain SRI KEHATI Award 2017, Yayasan KEHATI juga menyerahkan SRI KEHATI Certificate 2017 kepada 25 perusahaan konstituen indeks SRI KEHATI.

Berikut 25 nama perusahaan konstituen Indeks SRI KEHATI:

  • PT Astra Agro Lestari Tbk
  • PT Adhi Karya (Persero) Tbk
  • PT Astra International Tbk
  • PT Bank Central Asia Tbk
  • PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk
  • PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk
  • PT Bank Danamon Indonesia Tbk.
  • PT Bank Mandiri (Persero) Tbk
  • PT Bumi Serpong Damai Tbk
  • PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
  • PT Indofood Sukses Makmur Tbk
  • PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk
  • PT Jasa Marga (Persero) Tbk
  • PT Kalbe Farma Tbk
  • PT PP London Sumatra Indonesia Tbk
  • PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk
  • PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk
  • PT Semen Indonesia (Persero) Tbk
  • PT Timah (Persero) Tbk
  • PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk
  • PT United Tractors Tbk
  • PT Unilever Indonesia Tbk
  • PT Waskita Karya (Persero) Tbk
  • PT Wijaya Karya (Persero) Tbk
  • PT Wijaya Karya Beton Tbk

 

  • Artikel
  • Inilah Tiga Perusahaan Penerima SRI KEHATI AWARD 2017
dukung kehati