KEHATI dan Chevron Indonesia Kembangkan Ekowisata Pulau Maratua demi Keberlanjutan Lingkungan - KEHATI
Artikel

KEHATI dan Chevron Indonesia Kembangkan Ekowisata Pulau Maratua demi Keberlanjutan Lingkungan

15 Januari 2015

Pulau Maratua merupakan garda depan pulau terluar Indonesia, karena berbatasan langsung dengan dua negara tetangga. Pengelolaan yang tepat pada pulau kecil seperti Pulau Maratua merupakan bagian penting dari ketahanan nasional.

Pengembangan paket ekowisata program ini disertai dengan pengembangan standarisasi mutu pelayanan sesuai dengan standar nasional dan internasional, baik dari sisi standar pemandu wisata dan standar konservasi kawasan. Selain itu, penguatan kelembagaan dan tata kelola desa ekowisata dan kegiatan ekowisata bahari juga dilakukan dan disertai dengan pembangunan fasilitas ekowisata untuk edukasi konservasi terumbu karang, pusat selam (dive center), dan tempat tinggal (home stay) berbasis masyarakat. Wisata perikanan, atau yang dikenal dengan istilah mina wisata, yang ramah lingkungan juga ikut dikembangkan, sebagai salah satu pendukung ekowisata bahari.

Corporate Communication Manager Chevron Indonesia Dony Indrawan menyatakan, program kerja sama Yayasan KEHATI dan Chevron Indonesia di Pulau Maratua berupa pengembangan ekonomi produktif melalui pengelolaan ekowisata yang berbasis masyarakat dan keanekaragaman hayati bahari.

“Program investasi sosial Chevron di Kepulauan Derawan ini merupakan wujud komitmen perusahaan terhadap perlindungan lingkungan sekaligus kontribusi perusahaan dalam mengembangkan masyarakat setempat. Kami berharap program pengembangan ekowisata ini dapat meningkatkan kapasitas masyarakat sekaligus mendorong peningkatan sosio-ekonomi jangka panjang”, kata Dony.

Program pengembangan ekowisata ini merupakan jawaban sekaligus dukungan terhadap program pemerintah yang dicanangkan Kementerian Pariwisata, yakni program DMO (Destination Management Organization)Kepulauan Derawandi Pulau Maratua dan program konservasisertaadopsipulaudari Kementerian Kelautan Perikanan.

Kerja sama para pihak ini juga diperkuat dengan dukungan program KKN Tematik Ekowisata Universitas Gadjah Mada di Pulau Maratua dan didukung penuh oleh Provinsi Kalimantan Timur dan Pemerintah Kabupaten Berau. Melalui kerja sama multi pihak ini diharapkan sinergi pilar-pilar pembangunan yaitu pemerintah, swasta, universitas, lembaga non pemerintah dan masyarakat dapat berjalan dengan baik.

  • Artikel
  • KEHATI dan Chevron Indonesia Kembangkan Ekowisata Pulau Maratua demi Keberlanjutan Lingkungan
dukung kehati