Papua Barat Terima Bantuan Dana Konservasi - KEHATI
Artikel

Papua Barat Terima Bantuan Dana Konservasi

31 Oktober 2017

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat konsisten menjaga dan melestarikan lingkungan hidup di kawasan terumbu karang di Raja Ampat, Kaimana, dan Teluk Wondama. Selain itu, status Papua Barat, sebagai provinsi konservasi dan wilayah segitiga terumbu karang, mempermudah pemerintah daerah memperoleh dana bantuan dari luar negeri yang telah terkumpul senilai 18 juta dolar Amerika Serikat.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Papua Barat, Charley Heatubun, mengatakan bahwa, Pemprov Papua Barat telah menggandeng Yayasan KEHATI, menyusul peluncuran daerah tersebut sebagai provinsi konservasi.

“Yayasan KEHATI yang akan mengelola dana bantuan luar negeri itu. Saat ini, sudah ada beberapa donatur luar negeri dan dana yang terkumpul sekitar 18 juta dolar Amerika Serikat, “kata Charley.

Dia mengutarakan kerjasama dengan Yayasan KEHATI dilakukan untuk mengoptimalkan pengelolaan kawasan Blue Abadi Fund.

Diharapkan kehadiran KEHATI dan bantuan para donatur bisa mengoptimalkan upaya pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat di kawasan segitiga terumbu karang dunia yang ada di daerah tersebut.

“Segitiga terumbu karang dunia itu berada di Raja Ampat, Kaimana, dan Teluk Wondama. Kami percayakan kepada KEHATI untuk mengelola dana bantuan itu,” ujar lagi.

Charley menyebutkan pada tahun 2018 akan digelar konferensi Internasional. Diharapkan KEHATI bisa memunculkan inovasi baru mengenai upaya pelestarian keanekaragaman hayati dan pemberdayaan masyarakat di daerah tersebut.

Ia menambahkan, sebanyak 18 juta dolar AS dana bantuan luar negeri itu saat ini tersimpan di Singapura. Bunga dari dana itu, akan dimanfaatkan untuk membiayai kegiatan konservasi di Papua Barat.

“Dana itu yang dikelola KEHATI, bila ada proposal kegiatan terkait upaya konservasi, bisa diajukan ke KEHATI. Mereka yang akan menyeleksi dan menentukan proposal yang layak,”katanya lagi.

Menurutnya, semua elemen seperti perguruan tinggi dan lembaga masyarakat bisa mengajukan proposal kegiatan untuk mendukung program konservasi di daerah ini. (JBI/PBN)

Artikel ini dimuat Koran Papua Barat News, Edisi Selasa, 31 Oktober 2017

  • Artikel
  • Papua Barat Terima Bantuan Dana Konservasi
dukung kehati