Presiden SBY Luncurkan Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan - KEHATI
Artikel

Presiden SBY Luncurkan Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan

06 Oktober 2013

 

Selanjutanya, dalam konteks pembangunan berkelanjutan, SBY mengingatkan bahwa isu lingkungan adalah salah satu bagian terpenting. Kerusakan terhadap lingkungan sudah banyak terjadi, sehingga upaya untuk memperbaikinya tidak bisa dilakukan sendiri. “Harus ada aksi bersama,” katanya. Melalui SDSN, jaringan ilmu pengetahuan dan tindakan global dapat digunakan untuk menyelamatkan kondisi lingkungan dunia.

Dalam kaitannya dengan perbaikan lingkungan, Yayasan KEHATI telah banyak melakukan upaya tersebut melalui mitra-mitranya di daerah. Dalam forum SDSN di Konferensi Internasional Pembangunan Berkelanjutan 2013 yang terfokus pada pariwisata di Bali Nusa Dua Convention Center,  yayasan yang sudah berdiri sejak tahun 1994 itu memamerkan berbagai praktek terbaik dalam pengelolaan lingkungan berkelanjutan.

Melalui grant yang disalurkannya, Yayasan KEHATI telah mendorong komunitas pembatik untuk menggunakan pewarna alam yang tentunya ramah lingkungan, memfasilitasi komunitas nelayan di Maratua untuk mendirikan dan mengelola ekowisata, melalui Multi-stakeholder Forestry Program dijalankan system sertifikasi kayu legal Indonesia, lalu dengan Tropical Forest Conservation Action di Sumatera dan Kalimantan telah dilakukan upaya-upaya penanaman kembali dan pemanfaatan hutan secara lestari.

  • Artikel
  • Presiden SBY Luncurkan Jaringan Solusi Pembangunan Berkelanjutan
dukung kehati