TFCA Kalimantan - KEHATI

TFCA Kalimantan

Tropical Forest Conservation Act (TFCA) Kalimantan adalah program kerjasama Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Amerika, bermitra dengan TNC dan WWF-Indonesia. Program ini merupakan bagian dari skema pengalihan hutang untuk mendukung pembangunan berkelanjutan, mendorong upaya konservasi keanekaragaman hayati, dan pemanfaatan lestari sumber daya alam, serta mengurangi emisi jangka panjang, dengan mendukung Program Karbon Hutan Berau-PKHB (www.karbonhutanberau.org) dan Program Heart of Borneo-HoB (www.heartofborneo.or.id), di Kabupaten Berau, Kabupaten Kutai Barat (Propinsi Kalimantan Timur) dan Kabupaten Kapuas Hulu (Propinsi Kalimantan Barat).

Program TFCA Kalimantan akan berlangsung hingga tahun 2019, dilaksanakan melalui penyaluran dana hibah yang dikelola oleh Administrator (Yayasan KEHATI) kepada Lembaga LSM/KSM yang memenuhi syarat, dan proposalnya telah disetujui oleh Dewan Pengawas (Oversight Committee) TFCA Kalimantan. Permintaan Pengajuan Konsep Proyek TFCA Kalimantan untuk Siklus I 2013 baru dilaksanakan tanggal 8 Mei 2013.

Dewan Pengawas terdiri dari empat anggota tetap yaitu wakil pemerintah Republik Indonesia (Kementrian Kehutanan), pemerintah Amerika Serikat (USAID), TNC, dan Yayasan World Wide Fund-Indonesia (WWF – Indonesia), serta satu anggota tidak tetap yang saat ini wakil dari Yayasan Pelangi.

Keterangan lebih lanjut tentang Program TFCA Kalimantan dapat dilihat di www.tfcakalimantan.org Ikuti laporan perkembangan pelaksanaan Program TFCA Kalimantan di twitter @tfcakalimantan dan facebook tfcakalimantan.

  • TFCA Kalimantan
dukung kehati