Ekosistem Kehutanan - KEHATI

Ekosistem Kehutanan

Luas daratan Indonesia hanya 1,3% dari luas daratan di bumi, akan tetapi luas total hutan Indonesia mencapai 120,35 juta ha yang merupakan luasan hutan tropis kedua terluas di dunia setelah Brazil. Hutan Indonesia juga merupakan setengah dari hutan tropis Asia saat ini. Secara kontribusi kuantitatif terhadap dunia, ekosistem hutan Indonesia bersifat krusial.

Berdasarkan data yang diambil dari Status Lingkungan Hidup Indonesia pada tahun 2006, tercatat bahwa kerusakan hutan di Indonesia masih tinggi, yakni 59,2 juta ha, dengan laju deforestasi dan kegiatan pertambangan mencapai 1,6 – 2,4 juta hektar/tahun.

Kemerosotan kualitas kondisi sumber daya hutan terutama disebabkan oleh over exploitation (legal dan illegal logging), kebakaran hutan, konversi lahan dan perambahan hutan. Kerusakan hutan menyebabkan bencana alam, seperti banjir dan longsor di musim hujan, kekeringan di musim kemarau dan hilangnya kayu yang memiliki nilai ekonomis penting serta berbagai jenis keanekaragaman hayati yang menjadi sumber kehidupan masyarakat dan menjaga jasa lingkungan.

Ekosistem hutan juga menyimpan sebagian besar dari keanekaragaman hayati daerah tropis. Kerusakan ekosistem hutan berarti hilangnya sumber-sumber keanekaragaman hayati. Ekosistem hutan juga merupakan jantung bagi sirkulasi oksigen dan karbon dioksida, yang dapat menekan gas rumah kaca pemicu perubahan iklim, serta menjadi sumber mata pencaharian bagi masyarakat. Oleh karena itu, pengelolaan hutan yang berkelanjutan menjadi sangat penting bagi terjaganya berbagai jasa lingkungan.

Fokus isu pada ekosistem hutan adalah perbaikan kebijakan pengelolaan hutan, karena ancaman tertinggi pada ekosistem hutan selalu bermuara pada timpangnya kebijakan pengelolaan hutan serta sentralisasi otoritas pengelolaan hutan. Mempromosikan pendekatan multipihak dalam pengelolaan kehutanan diharapkan mampu memperbaiki tata kuasa, tata kelola dan tata produksi yang ada yang sekaligus melakukan perbaikan melalui upaya rehabilitasi atau restorasi hutan.

KEHATI memiliki tiga program khusus pada ekosistem hutan, yaitu:

  • Program Kehutanan Multipihak
  • TFCA Sumatera
  • TFCA Kalimantan
  • Green Corridor Initiative

dukung kehati