Saatnya Melakukan Pencadangan Tanaman Endemik Wilayah Jawa – Bali - KEHATI
Artikel

Saatnya Melakukan Pencadangan Tanaman Endemik Wilayah Jawa – Bali

29 November 2013

 

“Salah satu tujuan penanaman pohon ini adalah sebagai upaya pencadangan dan konservasi,” ujar Puji Sumedi dari Yayasan KEHATI. Dia menjelaskan bahwa di dalam Ecopark Cibinong Science Centre tersebut telah ada beragam jenis flora Nusantara yang dibagi menurut kekhasan dari wilayah-wilayah di Indonesia mereka sebut sebagai Ecoregion. Tanaman-tanaman yang telah diklasifikasi tersebut mewakili Ecoregion Sumatera hingga Papua.

Dalam kegiatan penanaman tersebut, Puji menambahkan bahwa Yayasan KEHATI juga melibatkan siswa dan guru dari SDN Benhil 12, Sekolah Citra Alam Ciganjur, SDN Bantarjati Kota Bogor. “Kita ingin kegiatan ini bisa menjadi bagian dari edukasi terhadap generasi muda. Tanaman-tanaman yang ada di Ecopark ini bisa menjadi pengetahuan yang sangat bermanfaat untuk mereka,” ungkapnya.
Melalui kegiatan pencadangan ini, diharapakan tumbuhan yang ditanam bisa menghasilkan bibit bagi siapa saja yang ingin melestarikan tumbuhan endemik Pulau Jawa dan Bali. Tanpa melakukan kegiatan konservasi dan pencadangan itu, anak-anak di generasi mendatang tidak akan mengenal lagi tumbuhan-tumbuhan endemik wilayahnya. Padahal banyak dari tumbuhan tersebut memiliki manfaat bagi dari sisi nutrisi maupun medis.

Seperti yang diketahui, Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia memiliki potensi kekayaan alam yang luar biasa, baik flora, fauna maupun mikroba yang sebagian diantaranya bersifat endemik. Kekayaan tersebut mencatatkan nama Indonesia sebagai Megadiversity Country dan menjadi salah satu dari 12 (duabelas) pusat keanekaragaman hayati dunia. Secara ekologis keanekaragaman hayati memilik peran penting untuk menjaga keseimbangan iklim serta penyerapan karbon yang merupakan kontributor perubahan iklim.

Peran keanekaragaman hayati beserta ekosistemnya adalah untuk menjaga keseimbangan penyerapan karbon. Potensi keanekaragaman hayati Indonesia juga diikuti dengan ancaman terhadap kepunahan atau degradasi dari keanekaragaman hayati itu sendiri. Salah satunya adalah flora dan fauna atau puspa dan satwa Indonesia yang terus terancam keberadaaannya sehingga perlu dilakukan rehabilitasi, salah satunya adalah dengan bentuk pengembangan kawasan pencadangan untuk konservasi, seperti arboretum, taman kehati, kebun raya dan lain-lain dengan penanaman jenis endemik dan langka.

  • Artikel
  • Saatnya Melakukan Pencadangan Tanaman Endemik Wilayah Jawa – Bali
dukung kehati