Sayap Kupu-kupu Menginspirasi Teknologi Baru: Dari pakaian dan kosmetik sampai ke sensor - KEHATI
Artikel

Sayap Kupu-kupu Menginspirasi Teknologi Baru: Dari pakaian dan kosmetik sampai ke sensor

10 September 2013

 

Struktur nano yang mirip pohon-pohon kecil pada sisik sayap Kupu-kupu Morpho adalah bagian yang membuat warna dari sayap tersebut menjadi biru menyala. Penelitian yang dipublikasikan di Jurnal PNAS tersebut menemukan bahwa molekul uap menempel dengan cara berbeda antara bagian atas dan bagian bawah sayap. keunikan inilah dari molekul uap inilah yang menjadi kunci dari banyaknya kemungkinan menggunakannya pada teknologi.

“Tim kami yang anggotanya berasal dari berbagai disiplin ilmu seperti dari bidang kimia, biologi, dan peralatan telah mampu mengungkapkan keberadaan permukaan yang mempunyai gradasi polar pada sisik sayap Kupu-kupu Morpho yang berkilau menyala. Penemuan ini memungkinkan kami untuk memakai multivariable perspective pada penginderaan uap, dimana proses pemilihannya didapatkan dari satu gradasi kimia struktur nano unit pengindera, dan bukan dari susunan sensor yang terpisah,” ujar Dr Radislav Potyrailo, dari GE, yang merupakan peneliti utama dari proyek DARPA ini.

Sementara itu, menurut Professor Pete Vukusic dari bagian Fisika di University of Exeter mengatakan bahwa dengan memahami kilauan sayap Kupu-kupu mampu mengubah cara pandang kami terhadap fenomena fotonik (efek cahaya. Sering diasosiasikan dengan laser) alami. Dengan menggunakan struktur desain yang telah diberikan oleh alam, kami bisa bekerja untuk mengembangkan beragam teknologi. Di penelitian ini, tim menemukan mekanisme baru dalam penginderaan uap fotonik yang ditunjukkan melalui kombinasi efek fisika dan kimia dari sisik nano.

Meskipun mekanisme yang dijelaskan oleh para peneliti itu tidak esensial bagi pertahanan kupu-kupu, namun karakteristik unik adsorpsi gas secara selektif itu merupakan produk sampingan dari perkembangan sisik sayap kupu-kupu.

Modelling melalui komputer untuk proyek ini dilakukan oleh Tim Starkey, mahasiswa PhD dalam bidang Fisika dari University of Exeter.

Sumber: University of Exeter (2013, September 9). Butterfly wings inspire new technologies: From fabrics and cosmetics to sensors. ScienceDaily. Retrieved September 10, 2013, from http://www.sciencedaily.com­ /releases/2013/09/130909172211.htm

 

  • Artikel
  • Sayap Kupu-kupu Menginspirasi Teknologi Baru: Dari pakaian dan kosmetik sampai ke sensor
dukung kehati