Sekolah Sobat Bumi (SSB) - KEHATI
Pendidikan dan Kampanye

Sekolah Sobat Bumi (SSB)

05 Juli 2013

Sekolah Sobat Bumi (SSB) merupakan inisiatif Pertamina Foundation bersama mitra kerjanya untuk menciptakan generasi muda yang peduli pada lingkungan hidup dan alam sekitar. Program Sekolah Sobat Bumi akan memfasilitasi 17 sekolah Adiwiyata Mandiri yang terpilih menjadi model sekolah umum berbudaya ramah lingkungan sosial, alam dan ekonomi yang mampu membina sekolah dan lingkungan sekitarnya. Sekolah-sekolah ini akan melakukan program tematik yakni pengelolaan sampah dan sumberdaya hayati sekolah, energi terbarukan, dan transportasi ramah lingkungan. Dengan pelibatan warga sekolah dan komunitas, diharapkan terjadi perubahan paradigma dan kondisi lingkungan di sekolah.

KEHATI bertanggungjawab dalam pelaksanaan Program Keanekaragaman Hayati, Pengelolaan Sampah dan Kantin Sehat di 7 Sekolah Dasar (SD) yang ada di Pekanbaru, Bogor, DKI Jakarta, Yogyakarta, Denpasar, dan Balikapapan.

Program yang akan KEHATI laksanakan bersama mitra/fasilitator pendamping di masing-masing daerah betujuan untuk “Menjadikan sekolah sebagai pusat pengelolaan sumberdaya hayati, pengembangan kantin sehat dan pengelolaan sampah”, dengan kegiatan meliputi:

  • Mengembangkan kebijakan sekolah terkait dengan pendidikan untuk pelestarian dan pemanfaatan berkelanjutan sumberdaya hayati serta pengelolaan sampah terpadu di sekolah.
  • Mengembangkan kebijakan sekolah terkait dengan pendidikan untuk pelestarian dan pemanfaatan berkelanjutan sumberdaya hayati serta pengelolaan sampah terpadu di sekolah.
  • Memperkuat pembelajaran dengan tema keanekaragaman hayati dan sampah dalam kerangka Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan
  • Menata lingkungan sekolah menjadi “Taman Keanekaragaman Hayati Sekolah”
  • Mengembangkan pusat interaksi dan kegiatan pengelolaan sampah dan pelestarian-pemanfaatan berkelanjutan sumberdaya hayati.
  • Mengelola pengetahuan dan menyebarluaskan informasi tentang keanekaragaman hayati dan gaya hidup ramah lingkungan.

dukung kehati