Soft Launching Buku Kekinian Keanekaragaman Hayati - KEHATI
Artikel

Soft Launching Buku Kekinian Keanekaragaman Hayati

06 Mei 2014

 

Soft Lauching buku setebal 396 hal + xiv tersebut berlangsung pada Senin, 28 April 2014 kemarin  di Kantor Kementrian Lingkungan Hidup, dihadiri oleh Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthasar Kambuaya, MBA, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Prof. Armida Alisyahbana dan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Prof. Dr. Lukman Hakim.

Dalam sambutannya, Menteri Balthasar menyebutkan pentingnya kekinian pendokumentasian keanekaragaman hayati  di Indonesia agar kita mengetahui jumlah dan jenis kekayaan keanekaragaman hayati terkini. Sementara itu Menteri Armida mengingatkan untuk memperhatikan timing pengerjaan pemutakhiran IBSAP agar sinergi dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan pergantian kebinet di akhir tahun ini.  Bapak Lukman Hakim melalui sambutannya menyebutkan bahwa LIPI akan meluncurkan pusat koleksi pembiakan mikroba atau Indonesian Cultural Collection pada bulan Mei nanti untuk melengkapi museum keanekaragaman hayati tumbuh-tumbuhan  dan hewan di Indonesia.

Buku ini menyebutkan bahwa keunikan geologi menyebabkan tingginya endemisitas flora, fauna dan mikroba. Untuk species fauna,contohnya,  tercatat 270 species mamalia, 386 species burung, dan 280 species ikan yang tidak terdapat di Negara lain selain Indonesia. Di sisi lain, luasnya kawasan Indonesia dan kurangnya ahli taksonomi baik flora, fauna maupun mikroba menjadi hambatan utama dalam upaya pengungkapan keanekaragaman hayati di Indonesia.  

(Ditulis oleh Sitti Aminah, Knowledge Management Officer, Yayasan KEHATI)

  • Artikel
  • Soft Launching Buku Kekinian Keanekaragaman Hayati
dukung kehati