Teens Go Green (TGG) - KEHATI
Pendidikan dan Kampanye

Teens Go Green (TGG)

05 Juli 2013

Begitu banyak kerusakan alam yang terjadi di Indonesia. Rusaknya ekosistem alami yang merupakan tempat hidupmanusia, hewan, tumbuhan, ironisnya disebabkan dan diperparah oleh aktivitas manusia. Jika tidak dilakukan upaya perubahan perilaku dan gaya berfikir dari sekarang, bumi kita tidak akan layak untuk dihuni di masa mendatang.

Generasi muda memegang peranan penting dalam perubahan perilaku dan gaya berfikir. Mereka bisa menjadi korban, sekaligus penyelamat dari bencana lingkungan di masa depan. Di tangan kreatif merekalah, ide dan tindakan perubahan dapat didorongkan untuk menjangkau dukungan lebih banyak orang yang peduli terhadap kelestarian alam Indonesia. Berangkat dari keprihatinan tersebut, Yayasan KEHATI, Dinas Pendidikan Menengah dan Tinggi (DIKMENTI) DKI Jakarta, dan PT. Pembangunan Jaya Ancol menginisiasi program Teens Go Green (TGG). Program ini diluncurkan pada tanggal 1 Desember 2007 oleh Gubernur DKI Jakarta, Bapak Fauzi Bowo di kawasan wisata Ancol.

TGG merupakan program klub pelajar setingkat SMA dan SMK di Jakarta dalam pengembangan minat, pengetahuan, dan aksi cinta lingkungan yang kreatif dan inovatif.

Misi TGG adalah “Memfasilitasi generasi muda peduli lingkungan agar mampu menginspirasi orang-orang dan lingkungan di sekitarnya dengan aksi nyata yang inovatif, kreatif dan mandiri.”

Manfaat kegiatan TGG bagi para siswa-siswi:

  1. Belajar di alam secara langsung
  2. Memperluas pertemanan pelajar
  3. Melakukan aksi cinta lingkungan dalam kehidupan sehari-hari
  4. Menambah dan saling berbagi pengetahuan tentang lingkungan

Keanggotaan Anggota TGG berasal dari 80 SMA dan SMK di Jakarta. Setiap sekolah mengirimkan 3 siswa berprestasinya untuk terlibat dalam program ini. Di masa mendatang diharapkan keanggotaan TGG dapat meluas dan secara mandiri berkontribusi pada upaya – upaya penyelamatan lingkungan

dukung kehati