183 views Webinar “Berdaya dengan Mangrove: Aksi Cerdas Konservasi Keanekaragaman Hayati” – KEHATI KEHATI

Webinar “Berdaya dengan Mangrove: Aksi Cerdas Konservasi Keanekaragaman Hayati”

  • Date:
    22 Jul 2020
  • Author:
    KEHATI

Indonesia mempunyai letak geografis yang sangat strategis karena merupakan negara kepulauan yang terletak di daerah tropis. Indonesia memiliki banyak pulau yang terdiri dari 17.500 pulau dengan panjang garis pantainya mencapai 81.000 km atau sekitar 14% dari panjang pantai dunia. Posisi geografis Indonesia diapit oleh dua Benua yaitu Asia dan Australia, serta dua Samudera (Pasifik dan Hindia). Selain itu, sebagian besar wilayah Indonesia 75% didominasi oleh lautan sehingga dikenal juga sebagai negara maritim. Dengan demikian, Indonesia mempunyai potensi kekayaan alam dengan mega-diversitas yang tinggi. Hal ini menunjukkan peran sektor pesisir dan laut dapat berkontribusi cukup besar dalam perekonomian Indonesia.

 

Hutan mangrove merupakan salah satu ekosistem alamiah yang unik dengan nilai ekologis dan ekonomis yang tinggi. Pemanfaatan ekosistem mangrove yaitu dalam bentuk fungsi-fungsi ekologi yang cukup penting, seperti pengendali terhadap erosi pantai, stabilisasi sedimen dan perangkap sampah, perlindungan bagi terumbu karang dan lahan di wilayah pantai, suplai detritus dan bahan hara untuk perairan pantai di dekatnya, pemeliharaan larva dan perkembangbiakan ikan, kepiting serta kehidupan liar yang bernilai ekonomi. Hutan mangrove memberikan sumber kehidupan bagi organisme mulai dari akar hingga ujungnya daunnya.

 

Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia pada tanggal 26 Juli 2020, Yayasan KEHATI mengadakan diskusi daring dengan menampilkan pionir-pionir yang memadai di tingkat lokal dalam mempertahankan ekosistem mangrove ini. Diskusi telah dilakukan pada Selasa (21/07/2020) dan materi pemaparan dapat diunduh melalui link di bawah ini: